Brand itu Bernama Budaya


Sebuah produk yang sukses di pasaran memiliki brand yang kuat di dalamnya, brand dengan value edit yang kuat mampu menghipnotis konsumen untuk membeli produk tersebut, bahkan bisa membuat ketagihan. Setiap produk yang beredar di dunia memiliki brand yang berbeda antara satu dengan lainnya, seperti sidik jari kita yang berbeda setiap orangnya. 
Layaknya sebuah produk, sebuah negara, bangsa, ataupun kumpulan masyarakat memiliki budaya yang berbeda-beda. Budaya yang melekat pada suatu masyarakat dapat pula dikatakan sebagai brand pada masyarakat tersebut. Semakin kental dan unik budayanya, semakin banyak masyarakat lainnya untuk mempelajari budaya tersebut sebagai sarana menambah pengetahuan.
Sebagai contoh budaya jawa yang sangat melekat pada masyarakat Yogyakarta. Masyarakat Jogja sampai saat ini konsisten dalam menerapkan budaya Jawa mereka, baik dari segi bangunan, ritual keagamaan, bahasa, dan perilaku, . Secara tidak langsung mereka menjadi magnet bagi masyarakat luar untuk lebih mempelajari dan menikmati budaya mereka. Tidak hanya warga dalam negeri yang tertarik, warga mancanegara pun tertarik oleh brand yang dimiliki oleh masyarakat Jogja.
Budaya jawa yang menjadi brand masyarakat Jogja tidak hanya memberikan dampak positif dalam bidang pariwisata, ada yang lebih penting dari hal tersebut yaitu sebagai sarana pembentuk karakter generasi Indonesia, kenapa Indonesia ? Kok tidak masyarakat Jogja saja ?
Perlu kita ketahui Indonesia adalah negara dengan keragaman budaya yang tak terhitung jumlahnya, salah satu budaya yang dominan di negara ini adalah budaya jawa. Apabila generasi-generasi penerus bangsa memiliki karakter yang berbudaya, maka semakin kuat identitas masyarakat Indonesia agar tidak terombang-ambing oleh arus budaya barat yang terkenal arogan dan bebas. Jangan anggap budaya Indonesia itu kuno, budaya Indonesia itu unik lho, bahkan orang bule bilang kalo orang Indonesia ramah-ramah, nah sikap ramah itu budaya kita.


0 comments:

Post a Comment

 

Instagram

Twitter Timeline

Author


Hei ! Nama saya Ahmad Haris. Selamat datang di catatan perjalanan saya sebagai seorang yang bebas, bebas untuk bermimpi, bebas untuk berbuat, dan bebas untuk bermanfaat. Orang bebas ini memiliki passion di dunia
fashion dan desain grafis. Disamping itu memiliki hobi fotografi, traveling, dan running. Sekarang saya berprofesi sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat dan sebagai pelaku
start up entrepreneur bidang fashion.